Pilih Lokasimu, Temukan Bibit Terbaik

DOCBroiler.com adalah perintis dan satu-satunya marketplace bagi pencari dan penjual berbagai macam bibit DOC pilihan dari seluruh Indonesia.

Penjual Bibit Terbaik

Harga DOC Terbaru



Harga DOC HARI INI


info hrga DOC broiler
up date terkini
Super 4000 vksn Ememlrd, spcik Layer Newhop polos 11000 Pot paruh + vksn Super newhop + misuri 14000
Partai minimal 10 box kalau ngecer di bawah 10 box+300 perak
untuk fast respon cepat area jawa


langsung hubungi kami
STOCK TERBATAS
RESPON CEPAT Broiler


DOC Pejantan

Cara Mengatasi Hama Gurem Pada Ayam

Cara Mengatasi Hama Gurem Pada Ayam

Umur Berapakah Ayam Layer Mulai Afkir

Hama gurem biasa ditemukan pada peternakan hewan unggas seperti ayam, burung dara, maupun bebek. Gurem yang juga dikenal dengan kutu ayam merupakan serangga kecil( kutu ataupun tungau kecil) bagaikan pengganggu yang menempel pada bagian badan ayam. Serangga ini menghisap sari- sari makanan( menghisap darah) dari badan unggas tersebut.

Umumnya serangan hama gurem sangat banyak melanda ayam yang tengah mengeram. Walaupun pada umumnya terjadi pada ayam yang menegram, tetapi tidak menutup kemungkinan pula dapat menyerang ayam- ayam yang tidak mengerami.

Penularan juga umumnya menyerang langsung lewat kontak antar ayam. Bila ayam terinfeksi terjangkit serangan hama gurem, maka tindakan isolasi wajib dilakukan dengan cepat supaya tidak menjadi semakin parah.

Untuk menanggulangi hama gurem ini juga wajib dicermati sebab bisa saja pada disaat pembasmian, hama malah perpindah ke badan anda dengan cepat. Efeknya badan bakal alami gatal- gatal yang berkepanjangan. Gurem bakal menyerang ayam yang berkelompok dalam jumlah yang banyak. Lalu, bagaimana cara mengatasi hama gurem pada ayam?

Berikut ini adalah cara mengatasi hama gurem pada ayam

Memanfaatkan air tembakau

Tembakau mengandung zat nikotin. Walaupun untuk manusia cukup beresiko, nikotin dapat dimanfaatkan untuk membasmi serangga. Cara membuatnya, yaitu dengan merendam 3 ons atau lebih tembakau dengan air hangat 500 cc—1 liter. Diamkan selama satu malam, kemudian air rendaman dipakai untuk menyemprot sarang bertelur ayam.

Semprotkan secara menyeluruh ke sekitar. Jika ayam telah terkena gurem, jalani penyemprotan pada badan ayam. Tetapi, jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan serta masker supaya gurem tidak menyerang tangan Anda serta cairan nikotin tidak tertelan.

Memanfaatkan daun sirih

Daun sirih pula tidak disukai oleh kebanyakan serangga termasuk gurem. Bila Anda mempunyai kandang ayam ataupun ayam yang bertelur, Anda dapat mencari daun sirih sebanyak- banyaknya, kemudian dirajang( dicincang kecil- kecil) dan ditaburkan di sekitar sarang ayam maupun kandang. Dengan begitu, serangga yang terdapat dalam kandang bakal menjauh.

Daun sirih pula dapat ditaburkan di petarangan telur, supaya gurem tidak berani mendekati posisi petarangan.

Rimpang dan daun bengle/ bangle

Gunakan rimpang serta daun bengle yang telah diparut, kemudian rendam dengan air hangat. Selanjutnya, semprotkan pada indukan ayam serta kandang. Metode ini sama efektifnya dengan memakai tembakau, apalagi dinilai lebih aman untuk manusianya.

Air jeruk nipis dan cuka

Air perasan jeruk nipis dan tambahan sedikit cuka dalam larutan juga teruji mampu menanggulangi hama gurem. Triknya yaitu dengan memeras jeruk nipis dan mencampurnya dengan sedikit cuka. Sesudah itu, semprotkan pada induk ayam dan kandangnya.

Oli bekas

Oli bekas juga dapat Anda manfaatkan buat menanggulangi hama gurem. Caranya, dengan mengolesi sekitar kandang dengan oli bekas. Bila memakai kandang panggung, Anda dapat melindungi tiang penyangga kandang dengan merendamnya pada oli bekas yang ditampung pada wadah.

Recent Posts

DOC Broiler | Pilih Lokasimu Temukan Bibit Terbaik | Bibit ayam super © 2017 Frontier Theme
WhatsApp us