Pilih Lokasimu, Temukan Bibit Terbaik

DOCBroiler.com adalah perintis dan satu-satunya marketplace bagi pencari dan penjual berbagai macam bibit DOC pilihan dari seluruh Indonesia.

Penjual Bibit Terbaik

Harga DOC Terbaru



Harga DOC HARI INI


info hrga DOC broiler
up date terkini
Super 4000 vksn Ememlrd, spcik Layer Newhop polos 11000 Pot paruh + vksn Super newhop + misuri 14000
Partai minimal 10 box kalau ngecer di bawah 10 box+300 perak
untuk fast respon cepat area jawa


langsung hubungi kami
STOCK TERBATAS
RESPON CEPAT Broiler


DOC Pejantan

Alasan Ayam Berkokok Di Pagi Hari

Alasan Ayam Berkokok Di Pagi Hari

Berbeda dengan manusia, ayam jantan lebih disiplin untuk berkokok serta bangun pada waktu tertentu menjelang pagi tiba. Ayam jantan malahan tidak pernah terlambat untuk berkokok di pagi hari. Apa yang menimbulkan ayam berkokok secara disiplin semacam itu?

Para pakar menerangkan bahwa ayam memiliki“ jam alarm internal”, yang hendak memberitahukan kapan saatnya dia berkokok. Jam alarm yang terdapat pada ayam jago tersebut hendak membantu ayam memprediksi matahari terbit.

Disaat matahari terbit merupakan saatnya ayam mencari makanan serta mempertahankan wilayahnya dari gangguan ayam lain. Aktivitas ini jadi siklus setiap hari yang disebut dengan circadian rhythms ataupun ritme sirkadian. Inilah yang terjalin pula dengan hewan- hewan lain yang mempunyai siklus harian semacam burung yang bernyanyi di pagi hari.

Alasan Ayam Berkokok Di Pagi Hari

Walaupun ayam telah mempunyai siklus harian kapan hendak berkokok, bila terdapat ayam tetangga berkokok lebih awal tetap hendak memicu ayam jantan berkokok pula lebih awal. Ini merupakan mekanisme untuk mempertahankan wilayahnya. Ini semacam sinyal kepada ayam jago lainnya yang menegaskan kalau ini merupakan wilayahnya serta tidak mengizinkan ayam jantan lain masuk.

Ritme sirkadian pada ayam jago ini telah melekat dalam diri ayam serta tidak tergantung pada suasana eksternal. Para ilmuwan mengadakan riset dengan menempatkan sekelompok ayam jantan di ruang kedap suara serta tidak berjendela. Satu kelompok diamati dalam kondisi 12 jam siang hari serta 12 jam dalam sinar redup. Sedangkan, kelompok kedua terkena sinar redup yang konstan sepanjang waktu.

Laporan dari riset ini mendapatkan bahwa ayam yang terletak dalam keadaan cahaya 12 jam serta 12 jam siklus cahaya redup, mereka teramati berkokok sekitar 2 jam sebelum ada cahaya. Asumsinya, ini merupakan waktu dini hari. Serta ternyata, mereka tidak berubah- ubah dengan pengamatan unggas yang terdapat di alam liar.

Perilaku yang sama pula dirasakan ayam yang ditempatkan dalam pencahayaan redup sejauh waktu. Mereka pula berkokok terus tepat di setiap pagi saat sebelum fajar. Ini meyakinkan kalau sikap tersebut dikarenakan oleh irama sirkadian tubuh.

Recent Posts

DOC Broiler | Pilih Lokasimu Temukan Bibit Terbaik | Bibit ayam super © 2017 Frontier Theme
WhatsApp us